Sanana - Kabupaten Kepulauan Sula

Kabupaten Kepulauan Sula berada di Provinsi Maluku Utara. Pada mulanya Kabupaten Kepulauan Sula menjadi bagian dari Kabupaten Halmahera Barat, namun berdasarakan surat keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2003 terjadi pemekaran wilayah sehingga Kabupaten ini berdiri sendiri. 

Gambar by Lintas Timur

Sanana adalah salah satu kecamatan sekaligus ibu kota dari dari Kabupaten Kepulauan Sula. Jarak dari Ibu Kota provinsi Maluku Utara menuju Sanana sekitar 285 km, yang dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat maupun kapal.

1. Menggunakan Kapal

Jika kamu memilih untuk menggunakan kapal, maka kamu dapat memulai perjalanan dari Ternate atau Kota Ambon. Hanya butuh sekitar 8 jam untuk tiba di Sanana. Jadwal kapal cepat rute ambon yaitu setiap hari Senin dan Rabu, sedangkan jadwal kapal dari rute Ternate yaitu hari senin, kamis, jumat dan sabtu.

Pelabuhan Sanana berada tepat dipusat kota Sanana. Selain kapal cepat, jika kamu tidak melakukan perjalanan dari Ternate maupun Kota Ambon, kamu dapat menggunakan kapal Pelni. Tapi ingat yah, kapal menuju Sanana tidak beroperasi setiap hari.

2. Menggunakan Pesawat

Buat kamu yang tidak ingin perjalanan melalui lautan, jangan khawatir sebab di Sanana sudah terdapat lintasan pesawat yaitu Bandar Udara Emalamo. Jarak dari bandara menuju pusat kota hanya sekitar 5 km.  Sama halnya dengan Kapal, Pesawat menuju Sanana pun tak tersedia setiap hari, biasanya hanya ada di hari Senin dan Jumat.

Harga tiket yang kubeli saat berkunjung ke Sanana dari Ambon yaitu sekitar 865.000; namun untuk saat ini aku tidak tau pasti apakah ada kenaikan harga atau tidak. Perjalanan Ambon-Sanana hanya membutuhkan waktu 45 menit. Pesawat yang tersedia adalah pesawat Trigana Air.

Tidak ada pesawat lainnya, untuk pembelian tiketnya kamu bisa membelinya langsung dikantor Trigana Airnya atau menghubungi via Whatsapp petugas disini. Buat kamu yang menginginkan nomor telfon petugasnya, boleh kok ninggalin jejak dikolom komnetar nanti aku bagikan, hehheehe.

Tidak elok rasanya jika tiba di Sanana, kamu tidak melakukan perjalanan menuju tempat-tempat destinasi yang berada di Kota Sanana atau di tempat-tempat sekitarannya. Ada beberapa tempat yang aku kunjungi, yang barangkali bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang sedang dan atau ingin berkunjung ke Kepulauan Sula tersebut.

1. Benteng De Verwacthing

Benteng ini merupakan salah satu bangunan Sejarah yang berada tepat dipusat kota, berhadapan langsung dengan pintu keluar dari Pelabuhan Sanana. 

2. Pantai Wai Ipa

Merupakan pantai yang menyuguhkan keindahan laut yang tenang dan teduh dengan segala riwehnya aktivitas para nelayan dan pengunjung. Disini ada banyak sekali gajebo yang menjajakkkan makanan berat maupun cemilan. Kamu bisa menemukan minuman khas ternate disini juga loh. 

Pantai ini berada di Desa Wai Ipa, inilah mengapa diberi nama pantai Wai Ipa. Selain menjadi tempat rekreasi, sepanjang pesisir pantai disini biasanya juga menjadi tempat nelayan mendaratkan perahu-perahu ikan. Butuh sekitar 10 hingga 15 menit untuk tiba di tempat wisata ini. 

3. Pantai Pastina

Nama asli dari Pantai Pastina ini adalah Pantai Jazirah, namun karena letaknya di Desa Pastina sehingga sebagian orang menyebutnya Pantai Pastina. Wisata ini menjadi pilihan terbaik untuk berlibur atau berkumpul dengan keluarga. Hanya butuh sekitar 10 hingga 15 menit untuk tiba di tempat wisata ini.

4. Waka Yoya

Wisata dengan rindangnya hutan mangrove ini mampu membuat kamu merasakan udara yang sejuk. Konon katanya disini terdapat banyak kepiting, inilah yang menjadi alasan kenapa tempat wisata ini dinamakan Waka Yoya. Waka artinya Mangrove dan Yoya artinya Kepiting. Untuk tiba disini, butuh waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Sanana.

5. Pantai Tanjung Waka

Pantai dengan suguhan pasir putih yang dipadupadankan dengan air laut berwarna biru jernih ini mampu menarik perhatian para pengunjung. Buat kamu para penikmat sunrise maupun sunset  ini menjadi tempat yang direkomendasikan untuk menyaksikan keindahan ciptaan Tuhan tersebut. 

Selain penikmat senja, tempat ini juga cocok buat kamu yang memiliki hobi snorkeling  dan Diving . Kehidupan bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai spesies ikan tropis membuat pengalaman menyelammu jauh lebih berkesan. Namun, untuk tiba di pantai ini kamu harus melakukan perjalanan darat kurang lebih 2 jam dari Kota Sanana.

Beberapa tempat wisata yang aku bagikan diatas adalah tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi hanya dengan melakukan perjalanan darat dari pusat kota Sanana. Adapun wisata-wisata yang tak kalah indah lainnya, kamu perlu menyebrangi lautan. 

Ada satu bocoran menarik buat kamu, selama mengunjungi tempat wisata diatas aku tidak pernah menemukan pos tempat pembelian tiket, jadi bisa dikatakan tempat wisata tersebut gratis untuk dimasuki, entahlah. Hehehhehe.

Nah penasaran nggak sih kamu, kira-kira oleh-oleh apa yang cocok yah untuk dibawa pulang ke keluarga saat meninggalkan Kepulauan Sula ?? COKELAT. Yups, Cokelat Sulamina adalah salah satu oleh-oleh khas Kepulaun Sula yang memiliki berbagai varian rasa. 

Untuk memperolehnya kamu bisa beli ditoko-toko yang ada di Sanana atau kamu bisa berkunjung langsung ditempat coklat ini dibuat, setidaknya butuh waktu 1,5 jam untuk tiba di pabrik pengolahan cokelat tersebut.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Kisah Benteng De Verwachting

Hallo Kopi - Tongkrongan Asik di Kota Tani

Tenang dalam riuhnya suara ombak dan angin sore di Pantai Wai Ipa, Kepulauan Sula