Teduh di Masjid Al-Buruj - Kota Namlea

Tenang, sebuah rasa yang akan kamu dapati saat memasuki rumah Allah dan menengadahkan kepala dihadapanNya seraya memohon Ridho atas segala hal yang sedang kamu jalani. Rasa ini pula lah yang aku dapati saat hendak bertandang ke Masjid Agung Al-Buruj, sebuah bangunan Masjid Agung sekaligus merupakan Islamic Center di Kabupaten Buru yang berada tepat di Pusat Kota Namlea

Nama masjid ini diambil dari Surah Al-Buruj, surah ke 85 pada kitab suci Al-Qur’an yang memiliki arti Gugusan Bintang. Masjid ini resmi digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim pada tanggal 02 Februari 2009.

kamu tau nggak ? dana untuk pembangunan masjid ini, ternyata berasal dari hasil patungan atau urunan dari masyakarat muslim disana loh. Duh, nggak kebayang kan masjid dengan lahan seluas 25 hektar dan luas bangunan masjid mencapai 2.867 meter persegi itu dibuat dari dana yang hanya berasal dari masyarakat setempat, kira-kira besar anggaran keseluruhannya berapa yah?  

Hal lain yang membuatku takjub adalah saat memasuki gerbang masjid ini, aku disambut langsung oleh taman yang cukup luas, tampak selaksar segiempat yang mengelilingi pekarangan masjid tersebut. Setelah berjalan dan masuk kedalam masjid akan tampak jelas terlihat ruang utama ibadah yang megah. 

Bagian atap plafon kubah utama dikelilingi oleh kaligrafi bertuliskan 99 Asma’ul Husna (nama-nama baik Allah). Seluruh permukaan dari pelataran masjid dilapisi oleh keramik lantai. Masjid ini selain menjadi tempat untuk kamu beribadah, ini juga bisa menjadi tempat beristrihat sejenak yang adem dan meneduhkan.

gambar diambil dari : https://duniamasjid.islamic-center.or.id/933/masjid-agung-al-buruuj/

Buat kalian yang penasaran tentang sejarah lengkap dan segala penjelasan secara mendetail tentang masjid ini kalian bisa langsung kunjungi link pada keterangan gambar diatas ini yah :) 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Kisah Benteng De Verwachting

Hallo Kopi - Tongkrongan Asik di Kota Tani

Tenang dalam riuhnya suara ombak dan angin sore di Pantai Wai Ipa, Kepulauan Sula