Tepis Gangguan Kesehatan Mental dengan 3 Cara ini

Apa yang terbesit dalam pikiranmu saat dengar kata mental health ? yok bagikan dikolom komentar dibawah ini, wkwkwkkwkw :) Menurut Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) menjelaskan pengertian dari kesehatan mental sebagai kondisi yang memungkinkan adanya perkembangan yang baik secara fisik, intelektual dan emosional.

Kesehatan mental yang baik memiliki kondisi batin yang berada dalam keadaan tentram, tenang dan positif, sehingga hal tersebut membuat seseorang untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. 

3 cara menjaga kesehatan mental ala Hajerah Sufiani 

1. Berdamai dengan diri sendiri

Kamu harus mampu menerima segala kurang dan lebih yang kamu miliki, sebelum kamu menuntut orang lain untuk menerimanya. Saat menerima segala hal tentang dirimu maka saat itu pula kau akan menemukan ketenangan dalam diri karena kau bisa menjadi apa adanya kamu. love yourself and love your life.

2. Bersih-bersih

Bersih-bersih adalah salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan, dengan berbenah tenaga dan pikiranmu akan terkuras, sehingga tak ada ruang bagimu untuk memikirkan hal-hal negatif yang dapat mengganggu kesehatan mentalmu secara langsung. 

Entahlah memandangi ruangan atau kamar yang rapi bagiku bisa memberikan energi postif dan membuatku menjadi lebih produktif. Pikiran seakan bekerja dengan santai untuk menciptakan hal-hal postif yang bisa dilakukan, seperti membaca buku, merencanakan perjalanan, menulis dan atau bahkan mencari jajanan.

3. Mempercayai takdir

Percaya pada takdir adalah rukun iman yang wajib kita yakini, ini juga merupakan kunci utama dalam menjalani kehidupan yang tenang dan tentram. Mempercayai semua hal yang terjadi dimuka bumi adalah kehendak Allah SWT, mampu meyakini diri kita bahwa akan selalu ada hal baik yang menanti dikemudian hari. 

Ini adalah cara aku untuk menjaga kesehatan mentalku, sejauh ini tak ada hal besar yang dapat merusak mentalku. entah karena sudah terlanjur mati rasa atau memang sudah sampe pada tahap legowo dengan semua hal yang terjadi.

Komentar

  1. tempat yang rapi dapat menjadikan pikiran relax dan nyaman untuk istirahat

    BalasHapus
  2. berdamai dengan diri sendiri biasanya makan waktu yg lama dan suka bolak-balik prosesnya. tp klo uda merasa selesai, hati jadi tenang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Kisah Benteng De Verwachting

Hallo Kopi - Tongkrongan Asik di Kota Tani

Tenang dalam riuhnya suara ombak dan angin sore di Pantai Wai Ipa, Kepulauan Sula