5 Hal tentang Hajerah Sufiani

Awal tahun biasanya menjadi awal penjajakan sebuah perubahan bagi diri setiap orang, entah mengubah diri untuk menjadi lebih produktif, membuat target pencapaian selama 365 hari kedepan dan atau menjadikan diri jauh lebih baik ditahun sebelumnya. 

Sayangnya banyak dari kita, termasuk aku sendiri yang memiliki semangat menggebu-gebu hanya di hari-hari pertama pergantian tahun, sedangkan di hari-hari selanjutnya? semua mengalir kembali seperti sedia kala, seakan target yang dibuat hanyalah sebuah imajinasi sesaat tanpa tersentuh rasa dan asa untuk tekun menggapainya, dan diakhir tahun kita merasa bahwa kita telah tertinggal jauh dibelakang.

Namun 2023 menjadi tahun yang berakhir dengan baik, bagaimana tidak? Ada banyak hal-hal yang berhasil ku taklukkan di penghujung tahun tersebut.

5 Hal tentang Hajerah Sufiani

Menjadi penulis terpilih dalam Event Menulis Bareng 

Sejak SD hingga SMP, aku suka membuat dialog-dialog drama di buku tulisku. Bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang aku sukai sebab guru akan banyak meminta murid untuk menuliskan sebuah cerita maupun drama-drama singkat dikelas. Namun ketika menjadi siswa SMA, aku merasa ini adalah hal yang membosankan.

Penghujung tahun 2023 justru membuatku merasa ingin menulis kembali. Fiksi cerita yang aku buat, ku daftarkan dalam event menulis Bareng Batch 13 yang diselenggarakan oleh @halopenulis dan @detakpustaka. Ini adalah kali kedua aku mencoba setelah sebelumnya pernah mengikuti batch 12 namun gagal.

Percobaan kedua ku ini membawakan hasil, cerita pendek yang kuberi judul “JalanKu sepi” berhasil masuk dalam buku yang diterbitkan pada bulan November lalu.

Aktif menulis perjalanan di Blog

Penulisan dialog dalam drama atau cerita pendek mungkin berakhir dibangku SMP, namun kebiasaan menulis nyatanya sudah menjadi hal yang tak bisa terlepaskan dalam diri. Kebiasaan inilah yang mendorongku untuk memulai langkah baru dengan menuliskan kisah perjalananku beserta dengan hal-hal yang kudapati disepanjang perjalanan pada akun Blog yang kubuat yaitu hajerahsufiani.blogspot.com

Rutin membaca Buku

Baca buku adalah hal yang tak pernah kusukai, bahkan memiliki seorang kakak yang bergerak penuh dibidang literasi dan aktif dalam pengelolaan perpustakaan pun tak mampu menarikku untuk bisa mencintai buku. Aku lebih suka mempelajari hal-hal baru melalui perjalanan atau bahkan video-video yang kutonton, dibandingkan buku. 

Hingga suatu ketika saat aku aktif dalam menulis, kutemui kebuntuan dalam mengolah kata dalam tulisan. Inilah yang menjadi titik awal aku akhirnya mau membaca buku hanya untuk sekedar menambah kosa kata. Namun siapa sangka, kini membaca menjadi hal rutin dan menyenangkan bagiku. 

Mengabadikan moment

Mengambil foto-foto dan video sebagai dalih untuk mengabadikan moment bagiku adalah aktivitas yang cukup melelahkan dan riweh, menikmati moment disetiap tempat yang dikunjungi rasanya sudah cukup untuk memulihkan diri dari rutinitas hidup yang monoton. 

Namun, aku berhasil menjadikan aktivitas ini menjadi hal yang menantang dan menyenangkan untuk ku lakukan pada setiap perjalanan baruku.

Kembali menikmati sensasi kopi

Detak jantung yang kencang setelah meminum kopi yang dipesan oleh seorang kawan membuatku trauma untuk menikmati minuman yang selalu menjadi kawan di malam sepiku. Aku mengganti suguhan kopi itu dengan rutin mengkonsumsi air putih.

Di tahun 2023 aku mencoba untuk merutinkan kembali aktivitas malamku ini, yang tadinya harus minum seminggu sekali kini perlahan aku bisa menikmati setiap dua hari sekali, walau kopi yang kuminum tak seperti kopi yang dulu namun ini cukup mengembalikkan memoriku akan malam-malam gelap bersama dinginnya kopi. 

Yups, inilah 5 hal tentang diriku yang berhasil kutaklukkan dipenghujung tahun 2023. Bagaimana dengan kamu? Adakah hal yang menakutkan yang berhasil kamu taklukkan ?? Kamu bisa banget loh berbagi kisah penaklukkanmu dikolom komentar, hehehhe

Komentar

  1. 2023 buat aku penuh dengan suka duka, kak. Kehilangan orang-orang tersayang

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga diberi kelapangan dada dan kesabaran yang luas untuk mengikhlaskan semua yang pergi ditahun 2023 kak, dan semoga Allah gantikan dengan hal-hal yang lebih baik lagi di Tahun ini. Aamiin

      Hapus
  2. perlu banyak belajar dari pengalaman mbak haje,

    BalasHapus
  3. Aku juga awalnya gak suka baca buku dan akhir2 ini ingin sering membaca buku

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulas Kisah Benteng De Verwachting

Hallo Kopi - Tongkrongan Asik di Kota Tani

Tenang dalam riuhnya suara ombak dan angin sore di Pantai Wai Ipa, Kepulauan Sula